Daftar Hewan Langka Indonesia yang Terancam Punah

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki luas wilayah yang sangat besar, meskipun banyak juga wilayah Indonesia yang masih belum terjamah oleh manusia. Namun, hal itulah yang membuat tempat tersebut menjadi istimewa dan menjadi rumah bagi berbagai hewan langka. Dikenal sebagai "The Lost World of Asia," berbagai kepulauan di Indonesia telah menyelamatkan berbagai hewan langka yang tidak bisa kamu temukan di belahan dunia mana pun.

Hewan-hewan ini telah hidup di tempat tersembunyi tersebut selama ribuan tahun. Selama berabad-abad lamanya, mereka telah selamat dari berbagai bencana dan pemburu hewan liar. Berikut beberapa hewan-hewan langka yang ada di Indonesia dan terancam mengalami kepunahan:


1. KODOMO


Komodo adalah spesies biawak besar yang dapat ditemui di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang dan Gili Dasami di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.
Komodo menjadi hewan yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia dengan dibangunnya Taman Nasional Komodo. Hal ini dikarenakan di habitatnya komodo semakin berkurang jumlahnya yang disebabkan oleh banyak faktor mulai perburuan ilegal hingga lambatnya perkembang biakan yang dilakukan oleh komodo itu sendiri.

2. Badak Jawa dan Sumatera


Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) dan Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) juga menjadi perhatian penting bagi pemerintah dan para pecinta lingkungan. Badak sumatera (Sumatran rhino) dan Badak Jawa (Javan rinho) merupakan dua dari 5 spesies badak yang masih mampu bertahan dari kepunahan, selain badak india, badak hitam afrika, dan badak putih afrika. Namun, kedua badak ini sudah masuk dalam kategori sangat terancam atau critically endangered. Status konservasi critically endangered ini disandangkan pada spesies badak di Indonesia sejak 1996.

3. Burung Jalak Bali


Burung Jalak Bali atau dalam Bahasa Latin disebut Leucopsar rothschildi merupakan satwa endemis Indonesia yang berasal dari Pulau Bali. Burung ini pertama kali ditemukan pada tahun 1910 yang ditemukan oleh pakar binatang dari Inggris yaitu Walter rothchild. Burung jalak bali sendiri memiliki karakteristik yang begitu cantik dengan bulunya yang putih bersih dan warna biru di sekitar matanya.
Di habitat aslinya burung ini mengalami penurunan jumlah yang sangat signifikan, dan pada tahun 1984 dinyatakan sebagai hewan yang terancam punah dan dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Langkanya burung ini dikarenakan adanya perburuan liar dan proses berkembang biak yang lambat karena burung ini hanya dapat menghasilkan maksimal 3 terlis saja setiap perkawinan.

4. Penyu

Penyu adalah spesies hewan laut yang diduga sudah ada sejak zaman dinosaurus, hewan ini adalah kerabat dari spesies kura-kura. Penyu ini dapat ditemui di seluruh samudra di dunia, namun dikatakan penyu adalah hewan langka yang terancam kepunahan.
Banyak hal yang menyebabkan penyu semakin sulit ditemui di laut, salah satunya adalah banyaknya pemangsa yang mengincar tukik atau anak penyu. Selain itu adanya perburuan telur penyu yang dilakukan oleh manusia membuat hewan ini semakin lama populasinya semakin berkurang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Spesies Langka